Tips Membuat Donat di Rumah

Cara membuat donat dirumah memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Kita tahu donat merupakan makanan yang banayak digemari di Indonesia, dan ada dua macam donat yang sering kita temui salah satunya donat yang bulat dengan yang ada lubangnya, kemudian brbagai macam toping diatasnya seperti coklat, keju, strawberi, dan masih banyak lagi. Untuk mempersingkat waktu disini akan saya sampaikan tips membuat donat dirumah.

 

#. Bahan-bahan     

– Tepung terigu berprotein tinggi sebanyak ½ kg

– Gula pasir halus sebanyak 4 sdm

– Ragi instan sebanyak 11 gram atau ½ bungkus  

– Air es sebanyak 200 cc

– Susu bubuk dan kental sebanyak 3 sdm

– Garam sebanyak 2 sdt

– Telur sebanyak 2 butir  

– Mentega 2 sdm

#. Cara Membuat Donat

  1. kocok 2 butir telur hingga bebusa dan mengembang, campurkan garam, gula pasir halus, susu, tepung terigu, dan mentega, kemudian aduk hingga rata.
  2. Setelah itu masukan ragi instan kedalam air dan aduk hingga rata, kemudian masukan air ragi kedalam adonan sedikit demi sedikit, lalu uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket. Kemudian diamkan adonan ditempat tertutup selama 30 menit.
  3. Jika adonan sudah mengembang, ambil adonan sebanyak 1 sendok makan dan bulatkan. Setelah itu campurkan adonan yang sudah bulat tersebut kedalam tepung terigu agar tidak lengket saat dipegang. Setelah itu diamkan lagi selama 20 menit.
  4. setelah didiamkan selama 20 menit, panaskan minyak goreng dengan api yang kecil. Sambil menunggu minyaknya panas kita bisa membuat lobang ditengah adonan donat. Setelah minyak panas goreng adonan tersebut dan tunggu hingga donatnya berubah warna menjadi kecoklat-coklatan, setelah matang tiriskan.
  5. setelah donatnya dingin, olesi donat dengan selai coklat, keju, kacang, strawberi, dan apa saja terserah, sesuai selera kita sendiri. Dan donat pun sudah siap disantap.

Leave a Comment