Mencari Harga Termurah di Online Store untuk Bisnis Anda


Jika anda anda ingin memulai sebuah bisnis, anda juga dapat memanfaatkan internet untuk mencari supplier untuk barang yang akan anda jual. Hal ini akan jauh lebih menghemat waktu, energi, dan juga uang anda dibandingkan anda mengunjungi satu per satu toko fisik yang ada. Akan tetapi, sebagai penjual, tentu saja anda ingin mendapatkan margin yang cukup besar, sehingga anda perlu mencari harga termurah dari berbagai harga yang ditawarkan oleh berbagai online store  yang anda temui. Namun bagaimana untuk mendapatkan harga termurah tersebut?

Pada dasarnya ada 3 metode yang dapat anda gunakan, yaitu dengan menggunakan marketplace, website resmi, dan situs pembanding harga. Mencari di marketplace dianggap lebih efektif karena menawarkan pilihan yang lebih banyak dan beragam. Anda dapat mengunjungi marketplace terbesar seperti Tokopedia dan Bukalapak. Berbagai supplier, tangan pertama, distributor, dan bahkan importir dapat dengan mudah anda temukan di marketplace.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mencari barang di suatu marketplace:

  1. Kondisi barang yang dijual

Saat membeli barang melalui online store terbaik, anda tidak dapat melihat barang secara langsung. Karena itu, perhatikanlah dengan baik keterangan produk yang dituliskan oleh penjual. Jika informasi yang diberikan anda rasa kurang lengkap, anda dapat memanfaatkan kolom diskusi untuk bertanya. Jangan terjebak dengan harga yang terlampau murah, namun ternyata barang tersebut memiliki spesifikasi di bawah standar. Perhatikan pula reputasi toko dan review dari pembeli sebelumnya.

  1. Keterangan tambahan

Anda juga dapat menanyakan bagaimana jika barang yang anda terima ternyata memiliki cacat. Apakah anda dapat melakukan retur, dan bagaimana mekanisme returnya. Jangan membeli barang di online store dengan penjual yang memiliki reputasi buruk, atau hanya mencantumkan harga murah tanpa ada keterangan produk yang jelas, dan bahkan memiliki review yang buruk.

  1. Rekam jejak penjualnya

Jika anda mengambil barang dari penjual yang memiliki reputasi buruk untuk kemudian anda jual lagi, maka anda juga akan dianggap sebagai penjual yang memiliki reputasi buruk oleh pelanggan anda. Akan tetapi, online store tanpa review bukan berarti adalah online store yang buruk. Bisa saja produk tersebut baru saja dipasang. Oleh karena itu, anda perlu melihat bagaimana rekam jejak penjualnya dan cara penjual tersebut melayani pembelinya.

Leave a Comment