Fakta Gitar Gibson SG

Kita tahu Gibson Sg termasuk gitar legendaris, banyak musisi-musisi yang memakai gitar six-sting ini sebagai senjata bertanduk pilihan. Dari legenda seperti Tony lommi (Black Sabbath), Angus young (ACDC), dan gitaris-gitaris lainnya. Untuk mempersingkat waktu, disini akan saya sampaikan beberapa fakta  gitar Gibson SG.

  1. Ted McCarty adalah perancang gitar Gibson SG

Ted McCarty adalah presiden dari perusahaan gitar antara tahun 1950 dan 1966, dan orang yang bertanggung jawab untuk pengembangan sistem tune-o-matic bridge, pickup humbucking dari gitar ini yakni Exploer, Flying V, ES-335, Moderne, SG, dan Firebird. Ted meninggal pada bulan April tahun 2001.

  1. Singkatan SG adalah Solid Guitar

Ide awal adalah bahwa gitar ini untuk menggantikan ikon single-cautway Les Paul gitar. Kembali pada tahun 1961, penjualan Les Paul berada di penurunan tajam, dan perusahaan memutuskan untuk menemukan kembali kejayaan gitarnya dengan mengubah nama menjadi SG.

  1. Les Paul Tidak Menyukainya

Imbas dari pergantian nama, Les Paul tidak menyukai instrument baru. Dan melihat bahwa ia tidak terlihat dengan perkembangan gitar sam sekali, ia menuntut bahwa namanya diambil dari six-sting. Perusahaan dihormati permintaan pria itu dan berganti nama model untuk SG akhirnya terwujud untuk menghapus nama Les Paul.

  1. Neck Mudah Patah

Perusahaan ingin menunjukan bahwa Gibson SG adalah salah satu gitar yang dibuat dengan neck ramping. Pada awal pembuatan neck gitar terlalu ramping, sehingga banyak yang patah.

Leave a Comment