Cara Membangun Komunikasi Bisnis yang Efektif


Dalam membangun bisnis, terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu usaha, yaitu modal, ide, dan kemampuan. Memiliki modal yang cukup dalam memulai usaha akan membuat semua kebutuhan usaha dapat segera terpenuhi. Gagasan atau ide kreatif yang dimiliki seorang pengusaha akan menjadi daya tarik usaha tersebut bagi konsumen. Sedangkan kemampuan yang dimaksud mencakup kemampuan mengelola bisnis dan kemampuan komunikasi bisnis.

Komunikasi bisnis merupakan sebuah proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lainnya secara efektif sesuai maksud yang diharapkan oleh komunikator, sehingga tidak menimbulkan adanya kesalahpahaman. Informasi tersebut dapat berupa ide, gagasan, atau informasi lainnya yang dapat membantu tercapainya tujuan suatu usaha. Komunikasi bisnis yang baik dapat membantu membangun dan mengembangkan usaha dengan lebih baik.

Untuk mewujudkan komunikator bisnis yang baik, anda perlu memahami orang lain atau lawan bicara anda terlebih dahulu. Sebab, perbedaan karakteristik dan pola pikir seseorang dapat menjadi dasar penentuan cara komunikasi seperti apa yang paling efektif untuk diterapkan. Beberapa orang menggunakan cara komunikasi yang lugas sehingga informasi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami. Sedangkan, ada pula orang yang menyampaikan informasi secara bertele-tele dan seringkali membuat kebingungan si penerima pesan. Untuk itu, mendengarkan pembicaraan dan memperhatikan gestur secara seksama dapat menjadi petunjuk untuk memahami makna sebenarnya baik yang disampaikan maupun yang disembunyikan.

Komunikasi bisnis akan lebih efektif jika anda menyampaikan informasi sesuai fakta kepada lawan bicara. Usahakan pula agar pembicaraan tidak melebar ke topik yang tidak penting, dan jangan mengatakan kebohongan pada lawan bicara. Hal tersebut dapat menyebabkan kredibilitas perusahaan menurun dan juga memberikan dampak negatif kepada perusahaan.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah menjalin perasaan dengan lawan bicara. Anda dapat membuat lawan bicara anda merasa nyaman dengan memberikan kesan yang baik pada lawan bicara, menjadi pendengar yang baik, dan meninggalkan kesan yang sopan. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri secara maksimal baik secara mental maupun referensi yang valid. Dengan persiapan yang matang, anda akan terlihat lebih yakin sehingga dapat membantu proses komunikasi bisnis yang anda lakukan.

Bentuk komunikasi bisnis ini dapat anda temukan hampir di setiap perusahaan yang telah berjalan. Termasuk pada salah satu marketplace dengan basis online seperti KUDO.

Leave a Comment